Tawa Bangkitkan Selera Makan

Jika Anda kehilangan nafsu makan, maka cobalah untuk menonton film komedi, seperti Mr. Bean, Tom & Jerry, dll. Karena, menurut sebuah riset, tertawa dapat memengaruhi hormon-hormon yang berkaitan dengan rasa lapar. Tim riset yang diketuai oleh Lee Berk dari Universitas Loma Linda, California, AS, mengukur tingkat hormon 14 relawan sebelum dan sesudah menyaksikan film bertema memilukan dan lucu.

Tim Berk menemukan tingkat hormon ghrelin, yang memacu rasa lapar, dan leptin yang mengisyaratkan rasa kenyang, tidak berubah secara signifikan pada partisipan yang menonton video memilukan.

Adapun pada mereka yang menyaksikan video lucu, tingkat ghrelin naik dan leptin turun. Tingkat leptin rendah mengindikasikan tubuh tidak memperoleh rasa kenyang. Kondisi serupa juga terjadi setelah berolahraga.

Hasil riset ini mendukung pemahaman bahwa reaksi tubuh terhadap tawa yang berulang, serupa dengan efek olahraga. Temuan Berk dapat membantu dokter dalam menangani pasien yang kehilangan nafsu makan dan malas berolahraga.

Wa’allhu ‘alam.

2 thoughts on “Tawa Bangkitkan Selera Makan”

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s