Tingkatan AQ

Berdasarkan penelitian Paul G Stolz (penemu teori AQ), tingkatan AQ dalam masyarakat dibagi menjadi 3, yakni:

1.Tipe Quiters (Orang-orang yang berhenti)

Mereka ini adalah orang yang AQnya paling lemah ketika menghadapi kesulitan hidup. Mereka berhenti dan langsung menyerah ketika berhadapan dengan suatu kesulitan. Mereka tidak memanfaatkan peluang, potensi diri dan kesempatan dalam hidup. Ia akan menderita dan pilu ketika menoleh ke belakang dan melihat bahwa kehidupannya tidak optimal, tidak bermakna, banyak disia-siakan dengan boros dalam waktu dan hidup. Akibatnya, ia menjadi murung, sinis, pemarah, frustasi, menyalahkan semua orang di sekelililngnya dan iri hati pada orang-orang yang terus mendaki kehidupan ini.

2. The Campers (Orang-orang yang Berkemah)

Mereka adalah orang-orang yang AQnya dalam tingkat sedang. Mereka giat mendaki tetapi di tengah perjalanan merasa bosan dan merasa cukup dan mengakhiri pendakiannya dengan mencari tempat datar dan nyaman untuk membangun tenda perkemahan hidup ini. Mereka menganggap sudah sukses dan memilih kehidupannya di situ dengan sia-sia. Gaya hidup Campers, pada mulanya kehidupannya penuh dengan proses pendakian dan perjuangan, tetapi makin jauh ia mendaki, ia memilih berbelok membangun kemah di lereng gunung kehidupan. Alasan mereka karena lelah mendaki, menganggap prestasi ini sudah cukup, senang dengan ilusinya sendiri dan tentang apa yang sudah ada. Mereka tidak mau menengok apa yang mungkin terjadi.

3. Tipe Climbers (para pendaki sejati)

Mereka adalah orang-orang yang tingkat AQnya tinggi. Mereka paham benar bahwa kehidupan sekarang ini adalah tempat ujian dan tempat pendakian untuk menuju kehidupan sesungguhnya di hari akhir. Gaya hidup Climbers ialah menjalani hidup ini secara lengkap. Mereka yakin bahwa langkah-langkah kecil saat ini akan membawa kemajuan dan manfaat yang berarti. Pendaki sejati tidak lari dari tantangan kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s